Browse » Home » , , » Review New Album RESTLESS "ANDALUSIA" 2013

Review New Album RESTLESS "ANDALUSIA" 2013

Andalusia, sebuah kota indah dengan peradaban tinggi di zamannya. Tinta emas telah tertulis pada kertas sejarah bahwa puncak kejayaan Islam berada di atas daratan Eropa yang pada masa itu sedang mengalami masa kegelapan dan menjadi terang karena hadirnya nafas-nafas keagamaan sehingga membentuk kehidupan masyarakat yang mengagumkan. Sebuah sejarah yang harus diungkapkan kembali hingga menjadikannya teladan bagi kehidupan kita.

Mengapa Restless memilih Andalusia sebagai judul album terbarunya? Hal ini tidak lain adalah untuk mengingat (remembering) bagi kita umat Muslim bahwa di Eropa khususnya di Kota Sevilla, Spanyol, Islam pernah memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sana. Begitu pun dengan Restless yang mengharapkan ada perubahan dalam konsep bermusiknya dengan mengedepankan nafas religi meskipun tidak menghilangkan ciri khas bermusik Restless itu sendiri.

Penggarapan album ini dimulai pada pertengahan 2012 lalu, mulai dari pengumpulan materi, data-data penunjang sejarah, seperti buku-buku sejarah Islam dan film-film kolosal bernafaskan Islam. Oleh karena itu, Sulaeman, Eko Dewo, dan Raga Dipa sepakat untuk memulai penggarapan album baru dengan tema kolosal sejarah kejayaan Islam dengan konsep musikal metal okestra.
Tepatnya di penghujung Tahun 2012, akhirnya bahan materi album baru telah siap masuk dapur rekaman. Proses recording-nya pun dilakukan di Studio Chamber milik Eko Dewo. Bahkan, Di tengah-tengah proses take vokal muncul ide-ide baru untuk menampilkan featuring male growl vocal, maka terpilihlah Pardjo Saffar dalam lagu “Saladin”, The Buck Mesin Tempur dalam lagu “Yarmuk”, dan Bobby Bobrock dalam lagu “Jika Waktuku”.

Proses recording ini sendiri memakan waktu empat bulan yang selesai di akhir Bulan Maret. Proses mixing dan mastering dipercayakan kepada Oteng Zoteng Forgotten yang memang sudah menggarap lagu Restless di album-album sebelumnya.

Judul lagu di album Andalusia:
1. Bentangan Sunyi
2. Jika Waktuku
3. Langit tak Berbatas PART I
4. Langit tak Berbatas PART II
5. Yarmuk PART I
6. Yarmuk PART II
7. Singa Padang Pasir
8. Saladin PART I
9. Saladin PART II
10. Andalusia
11. Sang Penakluk Malam

Ada rasa terharu dan bangga ketika proses penggarapan album ini telah rampung diselesaikan.  Yang membuat kita sedih karena gitaris Restless yakni Dani Ramadina (Drummer Dismember Torture) memutuskan untuk beristirahat dari album Restless Andalusia dikarenakan kesibukannya untuk membesarkan Dismember Torture serta memfokuskan pada usaha yang sedang digelutinya. Dan, akhirnya penggarapan album “Adalusia” ini dikerjakan tanpa melibatkan Dani. But, the show must go on ...

Pendapat admin tentang lagu "Andalusia" dari album terbaru Restless "Andalusia" :
Pertama memutar lagu ini (andalusia) serasa terbuai masuk ke alam lagu tersebut, gelap namun penuh dengan syair lirik yang menerangkan jiwa.
Sukses buat "RESTLESS" dengan album terbarunya. asli mantap lurd... \m/ , tapi lagu andalusia yang saya dapet ini belum bisa di download gratis untuk semua pengunjung setia indometalgoth.com,untuk mendapatkanya bisa ke distro2, toko2 kaset terdekat... atau hubungi tim restless band. atau bisa juga hubungi admin. :) serta bisa dateng langsun ke acara lhaunching album resless di jalan jakarta antapani, Bandung  05 Mei 2013.: selengkapnya baca disini :
Dan satu lagi tentang album baru restless ini silahkan baca :